Tokyo Game Show 2010

(Oleh: Willy Yanto Wijaya)

Setelah sempat tertunda beberapa waktu, akhirnya penulis berhasil memaksakan diri menulis liputan singkat mengenai event Tokyo Game Show (TGS) yang dilangsungkan bulan September yang lalu. Tokyo Game Show adalah salah satu event pameran game terbesar di dunia, yang menyedot lebih dari 100 ribu pengunjung dalam dua hari. Tahun ini, Tokyo Game Show dilangsungkan pada tanggal 16-19 September (4 hari), 2 hari pertama hanya terbuka untuk jurnalis/ media massa, dan 2 hari terakhir terbuka untuk umum.

Karena penulis tidak jadi mudik ke Indonesia pada summer holiday tahun ini, maka tahun ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengunjungi Tokyo Game Show. Meskipun lokasi penyelenggaraan cukup jauh, yaitu di Makuhari Messe, Chiba (menghabiskan 1000 yen lebih untuk tiket pp kereta) dan juga harga tiket masuk yang cukup mahal (1200 yen beli on the spot – untungnya penulis mendapatkan selebaran diskon 50% khusus mahasiswa asing), maka akhirnya berangkatlah penulis pada hari Minggu, 19 September 2010.

Dari stasiun kereta saja sudah terlihat kerumunan ramai pengunjung. Ketika tiba di aula eksibisi, tak terkira padatnya pengunjung. Sinyal handphone juga sulit didapat sehingga penulis gagal menghubungi beberapa teman yang katanya juga datang ke TGS ini. Ada ratusan booth eksibitor yang melakukan pameran, sebut saja beberapa yang terkenal seperti Sega, Konami, Capcom, Square Enix, Namco, Ubisoft, Microsoft X-Box, Sony Computer Entertainment. Pameran TGS yang menggunakan 3 aula super-luas ini juga mencakup International Pavilions (tempat pameran produsen game dari negara lain), Game School Area (stand pameran dari sekolah/ universitas jurusan pembuatan game), Game Match Area (tempat tanding game), Business Meeting Area, hingga Food Court, Event Stage, dan Family Area.

Promosi Winning Eleven 2011.

 

TGS ini juga sebenarnya merupakan ajang promosi dan peluncuran game-game terbaru, seperti misalkan Sega yang meluncurkan game baru “Ryu ga Gotoku” (dirilis dengan judul “Yakuza” untuk edisi Internasional – mengangkat sisi kehidupan di distrik lampu merah Kabukicho, Tokyo). Ada juga Konami yang mempromosikan serial Winning Eleven terbaru dan Square Enix dengan Final Fantasy XIV. Yang menyedot perhatian luas juga adalah booth X-Box dengan produk baru konsol Kinect X-Box 360, dimana pemain bebas bergerak tanpa memegang joystick sama sekali. Ini juga menjadi tema TGS 2010 kali ini, yaitu bahwa dunia per-game-an akan memasuki babak baru, ke depannya akan semakin banyak game dimana pemain dapat mengendalikan dengan gerakan tubuh yang bebas, tanpa joystick, atau bahkan mengendalikan dengan pikiran (sensor otak).

Seorang model sedang memperagakan konsol Kinect X-Box 360.

 

Gadis manis yang menjadi model game terbaru keluaran Sega, “Ryu ga Gotoku” aka. “Yakuza”.

 

Antrian untuk mencoba game-game yang populer juga panjangnya bukan main. Untuk merasakan pengalaman mencoba Kinect X-box saja misalkan, harus antri hampir dua jam, yang terpaksa penulis lupakan. Setelah berkeliling melihat-lihat, akhirnya secara kebetulan penulis menemukan teman-teman otaku (penggila game/ anime) yang penulis cari-cari dari tadi. Nah, karena ada teman, kami pun bisa saling membantu memotret, he..he. Tokyo Game Show (TGS) ini memang merupakan surga bagi para otaku dan penggila game. Menariknya, kalau pada pameran biasa, gadis-gadis cantik penjaga stand biasanya menolak untuk difoto, di TGS ini lain ceritanya. Gadis-gadis cantik penjaga stand di TGS ini malah sudah siap bergaya ketika dipotret oleh para pengunjung. Malahan, beberapa bahkan bersedia untuk foto bareng. What a good chance, isn’t it?   =D  (mungkin mereka sudah memahami keinginan para otaku nerd yang malu-malu kucing tersebut)

Setelah puas berkeliling dan jepret sana sini, penulis juga mencoba game dan mendapatkan suvenir menarik dari Gamania, produsen game dari Taiwan. Sepertinya Taiwan mulai serius mengembangkan industri game-nya, terlihat dari booth yang cukup luas yang disewanya di area International Pavilion, juga desain grafis beberapa gamenya yang sudah lumayan apik. Selain Taiwan, booth yang disewa China juga cukup luas, tapi terlihat sepi dan hampir ga ada pengunjung. Wajar saja, ternyata game yang dipamerkan di booth China masih seperti game zaman baheula belasan tahun yang lalu. Terlebih lagi, celoteh teman penulis, yang jaganya mirip encek-encek/ ayi-ayi di pasar Glodok, mana ada appeal ke anak muda. Mestinya China menyewa gadis-gadis penjaga stand yang cantik, juga membagikan suvenir menarik, agar menutupi kekurangan kualitas gamenya yang masih minim.

Bersama dua gadis penjaga stand Gamania.

 

Situs resmi Tokyo Game Show 2010: http://tgs.cesa.or.jp/english/

5 Responses to Tokyo Game Show 2010

  1. wen wen says:

    kekeke, otaku nerd ya?
    btw paling suka foto paling terakhir, kembar ya?
    nice sharing suhu🙂

  2. Selfy Parkit says:

    woooiiii gadisnya cantik2 dan manis2 jadi seneng liat nya. wkwkwkkwkk…. wah seru ya kalo games di masa depan ga perlu pake joystick, cuma pake otak n gerak badan, biasa buat olah raga. hahaha

    • willyyanto says:

      yupz, skrg juga uda ada koq seperti Nintendo Wii yg bisa maen game sambil olahraga 🙂
      cuma masih pegang semacam controller stick (berukuran kecil sih), tapi ke depannya mgkn cukup dgn sensor yg ada di konsol uda bisa nge-detect gerakan kita.

  3. […] Setelah tertunda lama, akhirnya penulis menyempatkan diri menulis pengalaman pribadi penulis ke Tokyo Game Show 2010, 16-19 September 2010, di Makuhari Messe, Chiba. 2 Hari pertama dikhususkan untuk jurnalis, hanya 2 hari terakhir dibuka untuk umum. Penulis datang tanggal 19 September bareng Lyta, Teddy, & Budiman. Siangnya, ketemu dg Willy the Blogger, sempat cobain game bareng. Ulasan dari dia ttg TGS 2010 bisa dibaca di sini. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: