April, Musim Semi, dan Sakura

(Oleh: Willy Yanto Wijaya)

Di Jepang, bulan April adalah bulan ketika kehangatan telah kembali ke permukaan bumi. Daun-daun pohon yang gugur ketika musim dingin mulai menguncup kembali. Tunas-tunas tumbuh, pohon-pohon pun mulai menghijau.

Bulan musim semi ini merupakan musimnya strawberry dan juga tunas bambu (bamboo shoot) sehingga di musim ini sangat populer sekali yang namanya strawberry hunting maupun bamboo shoot hunting. Bulan ini juga merupakan momennya bunga sakura. Dimana-mana di berbagai tempat di Jepang, kuntum-kuntum sakura bermekaran, menghiasi alam, dan seolah mengajak manusia untuk mencicipi “essence” dari indahnya alam semesta.

Sedemikian populernya bunga sakura ini hingga orang Jepang mempunyai satu kata khusus “hanami” (花見) yang artinya “melihat bunga”. Tentu saja bunga yang dimaksud disini adalah sakura. Biasanya mereka akan piknik di bawah pohon sakura dan menikmati indahnya kuntum-kuntum sakura yang berjatuhan ditiup desir angin.

Pohon sakura sebenarnya adalah sejenis pohon ceri (cherry). Ada banyak jenis pohon sakura, mungkin lebih dari 20 jenis, namun kebanyakan berwarna pink, putih, ataupun putih dengan sedikit pink. Sakura melambangkan keindahan, dan juga kecantikan. Bahasa Jepang memiliki kanji yang sangat istimewa untuk “sakura”, yaitu 桜 (kanji ini tidak ada dalam bahasa Mandarin). Lihatlah radikal (simbol-simbol penyusun) kata “sakura” di atas, terdiri dari 木 (pohon), 女 (wanita), dan di atas 女 ada tiga berkas cahaya. Sakura diasosiasikan dengan kecantikan seorang wanita, kecantikan yang berseri-seri (penuh cahaya) dan penuh kelembutan. Motif sakura selalu dijadikan objek kekaguman dalam seni lukis, keramik, hingga motif dari kimono.

Memang, waktu mekarnya sakura berbeda-beda tergantung lokasi di Jepang. Di pulau Kyushu dan selatan Jepang, awal-awal Maret telah disongsong oleh mekarnya kuntum-kuntum sakura; sedangkan di Pulau Hokkaido (utara Jepang), mungkin akhir April baru mekar. Tapi secara umum, sakura mekar diantara minggu terakhir Maret hingga minggu pertama April. Sakura hanya mekar selama lebih kurang dua minggu, setelah itu rontok semua kuntumnya. Oleh sebab itulah, sakura melambangkan ketidak-kekalan dan perubahan; dan betapa pentingnya menghargai momen-momen yang ada. Momen keindahan sakura hanyalah bertahan dua minggu; hargailah, selamilah momen tersebut. Ketika masa tersebut berlalu, Anda mesti menunggu lagi tahun depan (ho..ho..  :p)

Mungkin karena inspirasi dari mekarnya sakura inilah, semua administrasi perkantoran, awal masuk sekolah maupun awal dimulainya semester baru di Jepang adalah dimulai tanggal 1 April setiap tahunnya. Mungkin, dengan melihat mekarnya sakura akan memberikan inspirasi dan semangat bagi siswa-siswi baru, juga para karyawan yang baru masuk kerja. Agar mereka berusaha melakukan yang terbaik, mencapai hasil yang terindah, seindah mekarnya sakura yang begitu lembut..

10 Responses to April, Musim Semi, dan Sakura

  1. dinhie says:

    Sakura memang cantikk..!^^ thanks for posting this one, I love it! Ditunggu postingan menarik tentang Jepang yang lainnya ya..😉

  2. […] cerita menarik dan foto-foto cantik sakura langsung dari Tokyo . Artikel lengkapnya bisa dibaca disini. Hhwaaahh..tambah […]

  3. Augystiana Dita says:

    “Mungkin karena inspirasi dari mekarnya sakura inilah, semua administrasi perkantoran, awal masuk sekolah maupun awal dimulainya semester baru di Jepang adalah dimulai tanggal 1 April setiap tahunnya. Mungkin, dengan melihat mekarnya sakura akan memberikan inspirasi dan semangat bagi siswa-siswi baru, juga para karyawan yang baru masuk kerja.”

    I was just thinking of this on my way to campus today😀

  4. rika says:

    hwaaa.. pengen deh piknik di bawah pohon sakura.. hwhw

  5. wdozan says:

    bagus ya penataannya..
    masih mencintai estetika..hehe

  6. Parkit says:

    Wah… Sakura… Suka suka suka…. Nice writing.. Two thumbs up..😀

  7. Gita Tjendana says:

    Quote: “Mungkin, dengan melihat mekarnya sakura akan memberikan inspirasi dan semangat bagi siswa-siswi baru, juga para karyawan yang baru masuk kerja.”

    Luar biasa! Momen mekarnya bunga sakura, walau hanya dilihat dari foto saja, sudah mampu membangkitkan kesejukan di hati; apalagi kalau bisa mengalaminya sendiri.
    Suatu kemewahan bisa menikmati momen itu.

  8. ameilia says:

    foto2 sakura itu di kota mana?

  9. rafifa says:

    like it… pengennnnn… v_v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: